Senin, 23 November 2009

Membuat freeze pane (judul yang tidak bergerak jika scroll digeser)

Freeze panes adalah sebuah fitur atau tools yang disediakan oleh Microsoft excel. Kegunaan fitur ini adalah membekukan sel atau baris tertentu, sehingga jika digeser maka sel yang di freeze (debekukan) tersebut akan tidak bergerak (statis) sedangkan baris (sell lainnya tidak bisa bergerak), Selain itu freeze juga dapat digunakan untuk membagi ruang kerja menjadi 4 bagian.

Fitur ini sangat berguna jika anda mempunyai data (tabel) yang panjang, sehingga dengan membuat judulnya statis (tidak bergerak) / membekukan judul tabel, bisa membantu anda melihat judul dari isi sel yang digeser.

Untuk membuat freeze pane di excel 2003, bisa lakukan prosedur berikut:


1. Pilih sel uang akan anda bekukan, dalam contoh ini saya akan membekukan baris 1 -3, jadi kursor (penunjuk mouse) diletakkan di sel baris 4 atau sel A4


2. Di Menu Bar, pilih Window -> Freeze Panes


3. Akan terlihat sebuah garis hitam di bagian bawah baris ke 3, jika baris di bawahnya digeser maka baris 1 sampai 3 tetap tidak bergerak




selain membuat freeze pane secara horizontal, bisa juga mengunci sel secara vertikal (mengunci kolom)

4. Blok beberapa kolom


5. Di Menu Bar, pilih Window -> Freeze Panes
akan muncul sebuah kolom yang statis seperti di bawah ini



6. untuk menormalkan
Di Menu Bar, pilih Window ->Unfreeze Panes



Related Posts by Categories



5 komentar:

  1. tutorial yang mencerdaskan anak bangsa! selamat berkreativitas lagi! tingkatkan kekreatifan anda dan buat warga Indonesia menjadi lebih cerah dan cerdas! tak beri bintang 9!

    BalasHapus
  2. klo freeze vertikal n horizontalnya barengan bsa gk om?

    BalasHapus
  3. Untuk menampilkan freeze panes bersamaan secara vertikal dan horizontal, Coba dilihat disini :
    http://www.komputerseo.com/2011/09/membekukanmengunci-kolom-dan-baris-di.html

    BalasHapus
  4. Ini diaa tutorial yg saya cari dah lama bet nga temu 2x dah tanya ke om google dia juga bingung karena saya cari ga tau namanya apa

    selama ini saya pake split aja cuma nga enaknya liatnya karena ada garisnya

    thank's for pengetahuannya booz saya jadi bertambah ilmu supaya blog ini trus berkembang, btw blehkan saya bookmarks boos sapa tau ada ilmu lg yg saya butuhkan

    BalasHapus

Silahkan Ketik komentar anda,
Blog ini adalah Blog do follow saya harap tidak memberikan komentar spam.