Ada kesalahan di dalam gadget ini

Senin, 23 November 2009

Membuat freeze pane (judul yang tidak bergerak jika scroll digeser)

Freeze panes adalah sebuah fitur atau tools yang disediakan oleh Microsoft excel. Kegunaan fitur ini adalah membekukan sel atau baris tertentu, sehingga jika digeser maka sel yang di freeze (debekukan) tersebut akan tidak bergerak (statis) sedangkan baris (sell lainnya tidak bisa bergerak), Selain itu freeze juga dapat digunakan untuk membagi ruang kerja menjadi 4 bagian.

Fitur ini sangat berguna jika anda mempunyai data (tabel) yang panjang, sehingga dengan membuat judulnya statis (tidak bergerak) / membekukan judul tabel, bisa membantu anda melihat judul dari isi sel yang digeser.

Untuk membuat freeze pane di excel 2003, bisa lakukan prosedur berikut:


1. Pilih sel uang akan anda bekukan, dalam contoh ini saya akan membekukan baris 1 -3, jadi kursor (penunjuk mouse) diletakkan di sel baris 4 atau sel A4


2. Di Menu Bar, pilih Window -> Freeze Panes


3. Akan terlihat sebuah garis hitam di bagian bawah baris ke 3, jika baris di bawahnya digeser maka baris 1 sampai 3 tetap tidak bergerak




selain membuat freeze pane secara horizontal, bisa juga mengunci sel secara vertikal (mengunci kolom)

4. Blok beberapa kolom


5. Di Menu Bar, pilih Window -> Freeze Panes
akan muncul sebuah kolom yang statis seperti di bawah ini



6. untuk menormalkan
Di Menu Bar, pilih Window ->Unfreeze Panes



Senin, 16 November 2009

Tutorial Microsoft Excel Untuk Pemula

Berikut ini adalah daftar isi beberapa Tutorial Microsoft Excel 2003  dan Excel 2007 yang berisi panduan dasar menggunakan microsoft excel , dimulai dari pengenalan microsoft excel , pengggunaan fungsi text, fungsi lookup, fungsi logika, fungsi matematika, fungsi statistik dan beberapa fungsi turunan dan fungsi gabungan lainnya.

A. Pengantar Microsoft Excel


01. Pengenalan Microsoft Excel 2003
02. Membuat autonumber
03. Merger sel dan pengaturannya
04. Merger sel dan pengaturannya (bag 02)
05. Membuat bingkai tabel (garis tepi tabel)
06. Membuat bingkai tabel (garis tepi tabel) bag 02
07. Atur background tabel dan teks
08. Mengatur arah penulisan teks
09. Menghilangkan proteksi password file excel
10. Cara buat password (proteksi) file dokumen excel
11. Membuat freeze pane (judul yang tidak bergerak jika scroll digeser)

B. Pengaturan Regional Setting
Pengaturan ini penting anda lakukan agar formula dalam tutorial ini dapat berfungsi dengan normal

Selasa, 10 November 2009

Film Warriors of the Yang Clan

Film warrior of the young Clan adalah sebuah film serial kungfu yang diproduksi tahun 2004. Film ini terdiri dari 33 episode (33 CD). Film ini sempat saya nonton ketika secara tidak sengaja menyewa CD nya di peminjaman CD Studio One.

Pemeran utama dalam film ini:

Keluarga Yang

Yang Ye (Panglima perang, Ayah)
She Sai Hua (Ibu)
Yang Si Lang / Yang Yan Lang(Anak)
Yang Da Lang / Yang Yan Ping (Anak)
Yang Er Lang (Anak)
Yang San Lang (Anak)
Yang Wu Lang (Anak)
Yang Liu Lang (Anak)
Yang Qi Lang (Anak)


Film ini mengisahkan tentang keluarga Yang,merupakan keluarga prajurit yang senantiasa setia dan berbakti kepada negara/kerajaan Song. Namun dalam perjuangannya membela negara tidak sedikit rintangan yang dihadapi, diantaranya harus menghadapi perdana menteri kerajaannya sendiri yang berkhianat dan bekerjasama dengan kerajaan musuh untuk menjatuhkan keluarga Yang.

Selain kisah peperangan dan politik, di dalam film ini juga mengisahkan tentang ke tujuh anak keluarga Yang yang semuanya mempunyai kisah cinta yang unik dan saling membantu baik dalam susah maupun duka.

Kisah cinya yang menonjol adalah kisah cinta antara Yang Si Lang dan Fan Yu Yang yang senantiasa penuh dengan cobaan akibat cinta mereka tidak direstui oleh orang tua (kedua orang tua dan saudara-saudara mereka saling bermusuhan).

Akhir dari cerita ini kurang heppy ending karena beberapa pemeran utamanya meninggal, namun adegan dalam film ini penuh dengan dinamika, karena beberapa adengan telihat konyol, adajuga adegan yang membuat penonton tertawa, bahkan ada beberapa kisah yang membawa haru yang jika ditonton oleh wanita bisa membuat menangis.

Warriors of the Yang Clan